Cara Membersihkan Springbed dari Kotoran dan Bau

Mengetahui bagaimana caranya membersihkan springbed (kasur) bisa membantu Anda tidur lebih baik di malam hari. Selain dengan kemoceng atau sapu lidi, debu dan kotoran juga bisa dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner. Setiap hari kita harus membersihkan tempat tidur karena noda, kutu, jamur, alergen dan lain-lain, yang tidak dibersihkan secara berkala akan menyebabkan kita tidak nyaman tidur di atas spring bed tersebut.

Selain itu, apabila berbagai jenis noda dan kotoran tersebut dibiarkan begitu saja, lama-kelamaan akan membuat springbed terlihat menjijikkan karena dekil dan jorok. Oleh sebab itu, secara teratur springbed perlu dibersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner dan dicuci setidaknya sekali dalam 18 bulan, atau sekali dalam setahun jika Anda sering tidur tanpa mandi terlebih dahulu.

Cara membersihkan springbed

Sebelum Anda mulai membersihkan springbed, terlebih dahulu cuci sprei, bed cover dan mattress protector. Selain dicuci dengan menggunakan air dingin, sebenarnya beberapa jenis bed cover dan selimut serta sprei bisa juga dicuci dengan menggunakan air panas. Manfaatnya, agar tungau debu dan jamur bisa hilang. Namun sebelum Anda memutuskan untuk mencuci dengan menggunakan air panas, pastikan Anda membaca label yang tertera pada sprei maupun bed cover untuk mengetahui apakah benda-benda tersebut boleh dicuci dengan menggunakan air panas atau tidak.

Gunakan vacuum cleaner atau kemoceng

Membersihkan springbed harus dilakukan setiap hari setelah bangun tidur dan sebelum tidur. Untuk membersihkan pasir dan debu, Anda bisa memanfaatkan vacuum cleaner atau kemoceng. Mulailah dari atas kemudian turun ke bagian samping, jangan lupa di tempat-tempat yang sempit juga perlu di berikan perhatian.

Cara menghilangkan bau di springbed

Meskipun pada umumnya kita tidak bisa mencium bau tubuh kita sendiri yang tertinggal di springbed, namun yakinlah, dari waktu ke waktu keringat dan bau badan kita akan menempel di sprei dan di permukaan springbed. Untuk menghilangkan bau badan atau keringat yang ada di sana, Anda bisa memanfaatkan baking soda. Caranya:

Taburi permukaan springbed dengan menggunakan baking soda lalu gosok secara lembut menggunakan sikat berbulu hingga baking soda tersebut bisa masuk dan meresap ke pori-pori springbed. Biarkan baking soda selama kurang lebih 10 menit, kemudian…

Bersihkan dengan vakum cleaner

Bagi Anda yang belum punya vacuum cleaner, mungkin ini sudah waktunya Anda mempertimbangkan untuk memilikinya sesegera mungkin, karena manfaatnya sangat banyak.

Setelah Anda mendiamkan baking soda selama kurang lebih 10 menit di permukaan tempat tidur, vacuum baking soda tersebut untuk kedua kalinya. Proses ini akan membuat debu, kelembaban, dan bau yang terikat bersama baking soda ikut terangkat keluar.

Cara membersihkan kotoran dari springbed

Pada umumnya, permukaan springbed akan mendapatkan tiga jenis noda yaitu: keringat/daki, tumpahan minuman/makanan, dan debu. Untuk membersihkan noda-noda tersebut Anda bisa melakukan langkah berikut ini.

  • Cuci springbed di Bandung. Jika Anda tidak tahu bagaimana caranya mencuci springbed atau tidak punya pengalaman, Anda bisa meminta bantuan profesional yang menawarkan jasa cuci springbed di kota Anda.
    Biasanya, mereka yang menawarkan jasa cuci karpet juga menerima jasa cuci springbed. Manfaatkan saja gadget (googling) untuk mencari menggunakan kata kunci “tempat cuci springbed di Bandung” misalnya.
  • Jika balita sering tidur bersama Anda dan sering ngompol, sebaiknya bersihkan dengan menggunakan:
    • Larutkan 3 sdm baking soda ke dalam 200 ml hidrogen peroksida. Dan, tambahkan 1/2 tetes sabun cuci piring cair
    • Oleskan campuran tersebut di tempat-tempat yang pesing atau terkena pipis anak
    • Setelah itu bersihkan dengan menggunakan sendok, lalu
    • Gunakan kain bersih yang sudah dicelupkan ke dalam hidrogen peroksida untuk menghilangkan sisa-sisa pembersih
    • Akhiri dengan vacuum cleaner untuk menyedot sisa-sisa kotoran dan debu

Cara mencegah agar springbed tidak mudah kotor

Membersihkan tempat tidur bukan pekerjaan ringan. Pekerjaan yang satu ini membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Oleh sebab itu, kita perlu mengantisipasi agar tidak terlalu sering berurusan dengan noda dan kotoran di tempat tidur. Beberapa cara yang bisa Anda coba untuk melindungi agar matras tidak mudah terkena noda diantaranya adalah:

  • Belilah bed cover yang bisa menahan air agar cairan yang tumpah di atas tempat tidur tidak langsung menembus ke dalam springbed
  • Hindari makan dan minum di atas springbed
  • Mandilah sebelum tidur

Lihat juga Daftar Harga Jasa Cuci Sofa dan Jasa Cuci Springbed